Berita TerkiniGaleri Foto

Menuju Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan, Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng dikukuhkan

Melanjutkan penguatan kelembagaan dan revitalisasi kelembagaan Irigasi, Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Program IPDMIP Kabupaten Soppeng melakukan pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng Periode 2020-2023 di ruang rapat Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng, Kamis (13/8).

Pengukuhan Komisi Irigasi (Komir) Kabupaten Soppeng dikukuhkan oleh Bupati Soppeng yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng yang disaksikan oleh Kasubid Infrastruktur yang mewakili Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Koordinator ISAI IPDMIP, Camat, Kepala Desa, Lurah serta Tenaga Pendamping Masyarakat Program IPDMIP Kabupaten Soppeng. Terdapat 43 Orang Anggota Komir yang dikukuhkan dan terdiri dari 23 Orang dari Unsur Pemerintah dan 30 Orang dari Unsur Non-Pemerintah baik itu dari GP3A dan P3A yang mewakili Daerah Irigasi Kewenangan Pusat, Provinsi dan Kabupaten, serta mewakili wilayah Soppeng Utara, Tengah dan Selatan. Komisi Irigasi tersebut juga terdapat 11 Perwakilan perempuan yang terdiri dari 3 Perwakilan Perempuan dari Unsur Pemerintah dan 8 Perwakilan Kelompok Wanita Tani.

Direktur SUPD I, Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri, Nyoto Suwignyo, dalam video sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Soppeng dengan pengukuhan Komisi Irigasi tersebut sembari menekankan beberapa hal kepada Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng terkait pentingnya pendanaan daerah pada sekertariat untuk Komisi Irigasi, mendorong keterlibatan perempuan, mengoptimalkan sistem informasi komunikasi sebagai tools penyebaran informasi Komisi Irigasi berbasis digital.

Senada dengan Direktur SUPD I, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutan yang dibacakan oleh kabid Infrastruktur mengucapkan selamat kepada Pengurus dan Anggota Komir Kabupaten Soppeng dengan menekankan perlunya kordinasi yang baik seluruh Stakeholder Irigasi sehingga bisa memicu peningkatan produktifitas pertanian di Kabupaten Soppeng dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Sambutan Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah, Andi Tenri Sessu, menegaskan setelah mengukuhkan KOMIR Periode 2020-2030 bahwa Komir diharapkan menjalankan tugasnya yang baik dengan melibatkan pihak-pihak yang langsung bersentuhan dengan Irigasi dan Pertanian.

“Dengan dikukuhkannya Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng pada hari ini, diharapkan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi di kabupaten Soppeng dapat semakin meningkat dan pada akhirnya dapat mendukung terwujudnya ketersediaan dan kedaulatan pangan yang berkelanjutan di kabupaten Soppeng” demikian harapan Bupati Soppeng yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah.

Salah satu anggota Komisi Irigasi dari perwakilan Kelompok Wanita Tani yang ditemui menyampaikan bahwa kesempatan ini sangat ditunggu dan akan berusaha maksimal dalam mewujudkan tujuan Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng (asa)

Related Articles

Back to top button